Rumus Excel Menghitung Jumlah Jam Antara Dua Waktu

Rumus umum

=IF(end>start;end-start;1-start+end)

Rumus excel menghitung jumlah jam

Kesimpulan

Untuk menghitung jumlah jam antara dua waktu, kamu dapat menggunakan rumus untuk menghitung selisih waktu mulai dengan waktu akhir. Bila waktu mulai dan waktu akhir melewati tengah malam, kamu perlu menyesuaikan rumus menggunakan rumus di bawah ini. Dalam contoh di atas, rumus D5 adalah:

=IF(C5>B5;C5-B5;1-B5+C5)

Penjelasan

Untuk menghitung jam di antara dua waktu, bila kedua waktu berada di satu hari yang sama, kamu cukup mengurangi waktu akhir dengan waktu mulai seperti berikut:

=end-start

Dan mengatur format angka menjadi tampilan jam.

Akan tetapi, saat waktu melampaui durasi satu hari (lewat tengah malam), maka penghitungannya akan menjadi cukup kompleks. Baca petunjuk di bawah ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana Excel menghitung waktu

Dalam Excel, satu hari = 1, di mana 1 merepresentasikan 24 jam. Artinya waktu dan jam adalah pecahan dari nilai 1, seperti yang ditampilkan pada tabel berikut:

HoursTimeFractionValue
33:00 AM3/240.125
66:00 AM6/240.25
44:00 AM4/240.167
88:00 AM8/240.333
1212:00 AM12/240.5
1818:00 AM18/240.75
2121:00 AM21/240.875

 

Penghitungan durasi menggunakan rumus simpel

Saat waktu mulai dan waktu akhir berada di satu hari yang sama, durasi dalam jam bisa dihitung secara langsung. Contohnya, bila waktu mulai adalah pukul 9 pagi dan waktu akhir adalah pukul 5 sore, maka kamu dapat menggunakan rumus berikut:

=end-start
=5:00-PM-8:00AM
=0.375-0.708=.333 // 8hours

Bila waktu melewati tengah malam

Menghitung durasi akan menjadi lebih sulit bila waktu kejadian melampaui batas satu hari (melewati tengah malam). Contohnya, bila waktu mulai adalah pukul 10 malam dalam satu hari, dan waktu akhir adalah pukul 5 pagi di hari selanjutnya, maka waktu akhir bernilai lebih sedikit ketimbang waktu mulai sehingga rumus di atas akan mengembalikan nilai negatif, dan Excel akan menampilkan tanda pagar (########).

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menggunakan rumus untuk durasi waktu yang melewati batas satu hari:

=1-start+end

Dengan mengurangi waktu mulai dengan nilai 1, kamu akan mendapatkan jumlah waktu yang terjadi pada hari pertama, kemudian kamu cukup menambahkan jumlah waktu kejadian yang terjadi pada hari kedua, yang bernilai sama seperti waktu akhir.

Rumus ini tidak akan berfungsi pada durasi waktu yang terjadi pada lingkup satu hari yang sama. Jadi, kita dapat membuat pernyataan umum dan mengombinasikan kedua rumus di dalam pernyataan IF sebagai berikut:

=IF(end>start;end-start;1-start+end)

Sekarang, bila kedua waktu berada di satu hari yang sama, yang mana waktu akhir bernilai lebih besar daripada waktu awal, rumus yang simpel akan digunakan. Bila waktu melampaui batas satu hari yang sama, rumus kedua akan digunakan.

Alternatif fungsi MOD

Dengan menggunakan fungsi MOD dengan pembagi 1, kita dapat menyederhanakan rumus di atas sebagai berikut:

=MOD(end-start;1)

Di sini, fungsi MOD mengatasi masalah nilai negatif dengan menggunakan fungsi MOD untuk “membalikkan” nilai negatif menjadi nilai yang dibutuhkan, yaitu nilai positif. Rumus ini dapat mengatasi kedua kasus tersebut, sehingga kita kita dapat mengeliminasi pernyataan kondisional IF.

Catatan: kedua rumus di atas tidak dapat menghitung durasi waktu yang berjumlah lebih besar daripada 24 jam. Bila kamu ingin menghitung kasus semacam ini, kamu harus melihat opsi tanggal + waktu di bawah ini.

Memformat durasi waktu

Berdasarkan standar, Excel akan menampilkan waktu menggunakan AM/PM, meski waktu tersebut berfungsi untuk merepresentasikan durasi. Contohnya, bila kamu menghitung waktu 6 jam, Excel akan menampilkannya menjadi 6:00 AM. Untuk menghapus AM/PM, aplikasikan format angka custom seperti h:mm.

Dalam kasus bila penghitungan waktu melewati durasi 24 jam, kamu harus menggunakan format angka custom seperti [h]:mm. Tanda kurung siku memberi perintah kepada Excel untuk menampilkan durasi jam di atas 24 jam. Bila kamu tidak menggunakan tanda kurung siku, Excel hanya akan “memutar ulang” waktu yang sudah melewati durasi 24 jam (seperti hitungan jam).

Menyederhanakan masalah tanggal + waktu

Kamu dapat mengatasi masalah saat menghitung waktu kejadian dengan menggunakan nilai yang memiliki tanggal dan waktu. Untuk memasukkan tanggal dan waktu secara bersamaan, berikan satu spasi antara waktu dan tanggal: 9/1/2016 10:00 AM

Kemudian, kamu dapat menggunakan rumus dasar untuk menghitung waktu kejadian:

=end-start

Seperti pada contoh di bawah, nilai-nilai berikut berisi tanggal dan waktu:

Rumus excel menghitung jumlah jam yang telah berlalu

Rumus dalam contoh tersebut adalah:

=C5-B5

Untuk menampilkan durasi, format dengan format angka [h]:mm.